Wednesday, December 12, 2018

Tempat Wisata Andalan Karawang

Saat ini publik sedang perhatiannya tertuju kepada Karawang, tempat jatuhnya pesawat Lion Air JT-610. Di luar pemberitaan media jatuhnya pesawat ini, Karawang sudah memiliki banyak tempat yang telah dijadikan tujuan berwisata.

Sebuah Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat ini telah dikenal memiliki banyak catatan sejarah. Salah satunya yaitu peristiwa Rengas dengklok, yaitu peristiwa yang di sembunyikannya Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pertama Sukarno dan Mohammad Hatta oleh pemuda Indonesia di rumah Djiaw Kie Siong agar secepatnya merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Karawang juga telah menjadi inspirasi sastrawan Chairil Anwar dalam menulis karyanya yang berjudul 'Antara Karawang-Bekasi' karena dalam peristiwa pertempuran di daerah sewaktu pasukan dari Divisi Siliwangi harus meninggalkan Bekasi menuju Karawang yang pada saat itu masih menjadi daerah kekuasaan Republik.

Dirangkum dari banyak sumber, berikut adalah tujuh tempat wisata yang ada di Karawang

Pantai Tanjung Pakis
Kawasan wisata Pantai Tanjung Pakis bisa dijadikan sebagai alternatif tujuan wisata, terutama wisata keluarga. Selain lokasinya yang tidak begitu jauh dari Jakarta, pantai ini menawarkan suasana yang cukup nyaman untuk bersantai dengan keluarga.

Pantai Tanjung Pakis terletak pada Kecamatan Pakis Jaya Kabupaten Karawang. Untuk menuju tempat ini, bisa menempuh rute Jakarta – Karawang – Rengas dengklok – Batu Jaya – Pakis Jaya – Tanjung Pakis.

Pantai Tanjung Baru
Pantai ini berlokasi di semenanjung diantara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Seperti halnya pantai lain, pantai yang satu ini banyak dikunjungi keluarga yang ingin menikmati indahnya pantai.

Danau Cipule
Danau Cipule adalah danau yang terbentuk akibat kegiatan penambangan di tepi Sungai Citarum, Karawang, Jawa Barat. Luas danau ini 90 hektare. Panorama dan juga keindahan alam di sekitar danau telah banyak dipuji.
Pada tengah danau juga ada sebuah pulau yang disebut sebagai Pulau Cinta. Di pulau mungil imut dan lucu ini terdapat beberapa fasilitas yang sangat menarik termasuk warung makanan dan jajanan.

Candi Jiwa
Candi Jiwa terletak pada kompleks Batujaya, tepatnya di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya sendiri sekitar 5 km. Bangunan candi Jiwa berukuran 19 x 19 meter dengan permukaan susunan bata melingkar.
Diameter bata ini sekitar 6 meter dan diduga sebagai susunan stupa. Berbeda lain dengan kebanyakan candi, Candi Jiwa dibuat menggunakan susunan batu bata. Candi Jiwa adalah salah satu candi peninggalan agama Budha.


Curug Cigentis
Curug Cigentis berlokasi di kawasan Gunung Sanggabuana. Selain ada air terjun, pengelola juga telah menyediakan berbagai wahana yang menarik lainnya seperti contohnya outbond, mini waterpark, ATV, dan kolam renang air yang didapat dari mata air Pegunungan Sanggabuana

Kampung Budaya
Kampung budaya dibangun untuk upaya pelestarian kebudayaan dan seni dari seniman asli yang berasal dari Karawang yang mulai terlupakan. Kampung Budaya berlokasi di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur.


Monumen Kebulatan Tekad
Monumen Kebulatan Tekad adalah monumen dengan replika naskah proklamasi dari beton yang menyangga bola berukirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Di belakang monumen yang terdapat sebuah dinding melengkung dengan relief peristiwa proklamasi.
Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Rengas dengklok. Tidak jauh dari monumen tersebut, terdapat rumah Djiaw Kie Siong.